KULIAH UMUM FTK UIN SUSKA RIAU ANGKAT TEMA “SAINS DAN ISLAM”

Pelaksanaan kuliah online Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Suska Riau dilaksanakan melalui aplikasi zoom dan youtube (1/3/2022)

            Memasuki tahun ajaran baru, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Suska Riau melaksanakan kuliah umum dengan tema “Sains dan Islam” pada hari Selasa, 1 Maret 2022, pukul 08.30 WIB sampai dengan selesai. Acara dilaksanakan secara online melalui aplikasi zoom yang dihadiri oleh bapak Edi Marwan, Ph.D selaku Wakil Rektor III UIN Suska Riau. Dr. H. Kadar, M.Ag. sebagai Dekan FTK. dan Prof Dr. Saktioto, S.Si., M.Phil. selaku Narasumber. Acara ini tentunya  juga di hadiri oleh 1000 mahasiswa serta para dosen dan tenaga kependidikan FTK UIN Suska Riau.

            “Kuliah umum untuk mengawali semester genap dengan tema “Sains dan Islam” dengan tujuan menguatkan kembali ikon UIN kita. Ikon utama Fakultas Tarbiyah adalah bagaimana meningkatkan integrasi keilmuan dengan Islam. Dua prespektif, Sains dan Islam yang harus banyak kita kembangkan, pertama sejarah, dan kedua Al-Quran sebagai media mengenal allah”. jelas bapak Dekan FTK dalam sambutannya.

            Bapak Edi Erwan, Ph. D sebagai wakil rektor UIN Suska juga turut  menyampaikan kata sambutan sebagai perwakilan dari Rektor UIN Suska Riau. “Fakultas Tarbiyah dan Keguruan merupakan fakultas pertama yang melaksanakan kuliah umum dari delapan fakultas lainnya. Saya sangat mengapresiasi tema kuliah umum hari ini. Semoga materi hari ini dapat menambah wawasan, pengetahuan, dan kualitas kita semua, yaitu bagaimana dalam menerapkan akhlakul karimah baik dalam kampus dan di luar kampus agar siap menyongsong masa depan. Sehingga menjadi nilai tambah bagi lulusan UIN Suska Riau. Harapan kita bersama untuk kedepannya adalah kemajuan tidak hanya pendidikan tetapi juga penelitian, publikasi untuk masyarakat.” tambah beliau dalam kata sambutan sebagai pembuka kuliah umum FTK.

            Sesi selanjutnya adalah penyampaian materi oleh narasumber yang terhormat Prof. Dr. Saktioto, S.Si.,M.Phil. Sains merupakan alam pikiran dan indera yang mencakup ilmiah, logika, metodik, sistem, berlaku umum. Sedangkan Al-Quran merupakan alam keyakinan yang menyimpulkan halsains dan bukan sains. dan itu semua sudah seimbang antara akhlak, ibadah, waktu, ruang, makhluk, ciptaan manusia. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa semua kita harus berusaha menjaga lingkungan,memperbaiki kehidupan dunia, tanpa melupakan tujuan akhir yaitu akhirat”, ujar beliau.

            Dengan diadakannya Kuliah Umum ini diharapakan seluruh keluarga besar Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Suska Riau mampu mengintegrasikan antara keilmuan dan Islam dalam menjalankan proses perkuliahan sebagai ikon utama Fakultas Tarbiyah dan Keguruan.

H.T

About pbi tarbiyah

Check Also

DOSEN PRODI TBI IAIN KEDIRI MEMBERIKAN KULIAH DI JURUSAN PBI UIN SUSKA

Jurusan PBI UIN SUSKA kembali mengadakan visiting lecturer yang menghadirkan dosen prodi TBI IAIN Kediri secara online …