Breaking News

PBI UIN SUSKA HADIRKAN DOSEN TAMU DARI UIN SYARIF HIDAYATULLAH JAKARTA

Dosen PBI UIN Syarif Hidayatullah Jakarta menjadi dosen tamu secara offline di aula FTK UIN SUSKA Riau (Selasa, 22/11/2022).

Jurusan PBI UIN SUSKA kembali mengundang Kaprodi PBI UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, Didin Nuruddin Hidayat, M. A. TESOL., Ph. D, untuk memberikan mata kuliah Metodologi Penelitian (Research Methodology) pada kegiatan visiting lecturer. Tema yang disampaikan adalah Finding Research Topics and Reading Access yang disampaikan kepada seluruh mahasiswa semester lima secara luring. Turut hadir Ketua Jurusan PBI, Dr. Faurina Anastasia, M. Hum; Sekretaris Jurusan PBI, Dr. Nur Aisyah Zulkifli, M. Pd; dosen Metodologi Penelitian, Dr. Bukhori, M. Pd; serta dihadiri oleh beberapa dosen jurusan PBI UIN SUSKA.

Materi yang disampaikan oleh narasumber diawali dengan pengisian link survey, untuk mengetahui pemahaman awal mahasiswa terkait masalah penelitian, skripsi, dan opini mereka terhadap proses penulisan skripsi tersebut. Kemudian narasumber menyampaikan bagaimana cara memilih topik penelitian, serta menyampaikan beberapa link yang dapat digunakan untuk mencari artikel sumber bacaan dan rujukan menulis bagi mahasiswa. 

Mr. Didin menyatakan bahwa “Suka atau tidak suka, siap atau tidak siap setiap mahasiswa pasti akan mengerjakan skripsi. Sehingga diperlukan pemahaman terkait masalah apa yang akan diteliti serta metode penelitian seperti apa yang akan digunakan nanti”. Proses kuliah tamu berjalan dengan lancar, mahasiswa terlihat antusias mengikuti perkuliahan hingga selesai dan terlibat aktif dengan mengajukan beberapa pertanyaan kepada narasumber.

Dengan mengikuti kegiatan kuliah tamu tersebut, mahasiswa PBI UIN SUSKA diharapkan mendapatkan pencerahan tentang bagaimana menentukan topik penelitian dan mereka dengan mudah menemukan sumber rujukan dan sumber bacaan penelitian nanti. Harapan dari pihak jurusan PBI tentu saja agar mahasiswa dapat lulus tepat waktu dengan hasil yang sangat memuaskan. Perkuliahan diakhiri dengan foto bersama dan penyerahan cindera mata kepada narasumber.

 

F.A

About pbi tarbiyah

Check Also

Pelaksanaan Seleksi Wawancara dan Verifikasi Uang Kuliah Tunggal (UKT) Mahasiswa Baru FTK UIN SUSKA RIAU

CamScanner-25-04-2024-08.16Download