SAMBUT SEMESTER GENAP, PBI LAUNCHING KURIKULUM BARU SEKALIGUS GELAR FGD PENYELARASAN RPS MATA KULIAH

Kegiatan Launching kurikulum baru PBI & Focus Group Discussion (FGD) Penyelarasan RPS mata kuliah (21/03/22)

Mengawali semester genap, Prodi Pendidikan Bahasa Inggris (PBI) menggelar launching kurikulum baru sekaligus mengadakan Focus Group Discussion (FGD) Penyamaan Persepsi Team Teaching Dosen Pengampu Mata Kuliah dalam Pembuatan RPS. Kegiatan ini diselenggarakan pada hari Senin tanggal 21 Maret 2022 di lantai 3 Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN SUSKA RIAU dari pukul 08.00-15.00 WIB. Adapun tujuan dari kegiatan ini adalah mensosialisasikan kurikulum baru PBI yang telah melalui proses penyempurnaan kurikulum pada semester ganjil yang lalu. Selain itu, FGD Penyelarasan RPS Mata Kuliah juga digelar dalam rangka menyamakan persepsi khususnya team teaching dosen pengampu mata kuliah.

Prodi PBI mengundang seluruh dosen pengampu mata kuliah untuk hadir pada  kegiatan ini. Acara dimulai dengan pembukaan dari MC yaitu bapak Dr. Dodi Settiawan, M.Pd dan dilanjutkan dengan pembacaan ayat-ayat suci Al-Qur’an oleh bapak Siswandi, S.Pd.I., M.Pd. Turut serta Ketua Prodi PBI, Dr. Faurina Anastasia, S.S, M.Hum memberikan kata sambutan dan dilanjutkan dengan sekilas pemamparan proses penyempurnaan kurikulum yang disampaikan oleh sekretaris Prodi yaitu Dr. Nur Aisyah Zulkifli, M.Pd. Sebelum masuk ke acara inti, acara pembukaan diakhiri dengan pembacaan do’a oleh bapak Drs. H. M. Syafi’i S, M.Pd.

Pada kegiatan launching kurikulum baru, Prodi PBI mengundang dua narasumber yaitu bapak Abdul Hadi, S.Pd., MA., Ph.D selaku pembicara pertama dan bapak Dr. Bukhori, M.Pd sebagai pembicara kedua. Adapun pada FGD Penyelarasan RPS Mata Kuliah, kembali Prodi mengundang empat narasumber, yaitu bapak Dr. H. Kalayo Hasibuan, M.Ed. Tesol selaku pembicara pertama yang membahas tentang “Penyelarasan RPS Terintegrasi”. Selanjutnya pembicara kedua  yaitu bapak Abdul Hadi, S.Pd., MA., Ph.D selaku pembicara kedua membahas topik “Penyelarasan RPS berbasis KKNI”. Pada tataran praktis, bapak Dr. Bukhori, M.Pd menyampaikan terkait “Implementasi RPS pada Mata Kuliah Research” dan dilanjutkan oleh pemateri terakhir yaitu bapak Drs. H. M. Syafi’i S, M.Pd memamparkan tentang “Implementasi RPS pada Mata Kuliah Writing”.

Dari serangkaian kegiatan tersebut, Prodi mengharapkan agar kurikulum baru dapat tersosialisasi dengan baik agar bisa segera diterapkan pada semester ganjil akan datang. Selain itu, FGD yang diselenggarakan juga menghasilkan persamaan persepsi antar team teaching dosen pengampu sehingga terjadi keseragaman dalam mata kuliah yang diampu oleh para dosen.

K.Y

About pbi tarbiyah

Check Also

DOSEN PRODI TBI IAIN KEDIRI MEMBERIKAN KULIAH DI JURUSAN PBI UIN SUSKA

Jurusan PBI UIN SUSKA kembali mengadakan visiting lecturer yang menghadirkan dosen prodi TBI IAIN Kediri secara online …