Breaking News

Selamat Datang Mahasiswa PBI 2021

Ketika seorang mahasiswa/i memasuki perguruan tinggi, tentunya ia akan menemui banyak perbedaan dengan kehidupan masa SMA-nya. Ia perlu mengenal dan beradaptasi dengan perubahan-perubahan yang ada tersebut. Oleh karena itu, Jurusan PBI UIN Suska Riau menggelar acara orientasi mahasiswa baru yang berada di bawah rangkaian  PBAK (Pengenalan Budaya Akademik dan Kemahasiswaan). Tujuan diadakannya PBAK ini antara lain:

  1. Mengembangkan pemahaman dan penghayatan peserta terhadap sistem pendidikan di perguruan tinggi;
  2. Mengembangkan kecerdasan spiritual, emosional, intelektual, dan sosial.
  3. Memupuk semangat solidaritas dan toleransi di antara civitas akademika;
  4. Mengembangkan rasa memiliki dan tanggung jawab akademik sosial terhadap pilihan disiplin ilmu;
  5. Mengembangkan sikap kritis dan kreatif mahasiswa.

2021-09-08 (1)

PBAK di lingkungan perguruan tinggi merupakan langkah awal bagi mahasiswa baru untuk mengenal sejarah kampus, lembaga-lembaga kampus, jenis-jenis kegiatan akademik, sistem kurikulum, model pembelajaran, pimpinan perguruan tinggi dan lain-lainnya. Selain itu, diharapkan PBAK bisa menjadi wahana awal antar sesama mahasiswa baru untuk saling mengenal, menjalin komunikasi dan mempererat silaturahmi, di samping fungsi utamanya sebagai orientasi penyadaran mahasiswa sebagai insan akademik yang memiliki tanggung jawab sosial dan akademik sebagaimana tertuang dalam Tri Dharma Perguruan Tinggi.

Pelaksanaan kegiatan PBAK dilaksanakan pada hari Rabu 8 September 2021. Ketua Jurusan PBI, Dr. Faurina Anastasia, M. Hum, mengatakan bahwa pelaksanaan PBAK tahun ini masih dilakukan secara daring (online), hal ini karena dampak dari wabah Covid-19. “Wabah covid-19 berdampak pada aspek kehidupan terutama dalam dunia pendidikan yang pelaksanakaannya juga diharuskan dengan online,” jelasnya.

Adapun rangkaian kegiatan PBAK ini antara lain:

  1. Pengenalan kampus (profil Jurusan PBI)
  2. Pengenalan Sistem Akademik Kampus
  3. Pengenalan Organisasi Kemahasiswaan (SAEED)

Kegiatan ini dilaksanakan melalui Zoom Meeting : https://zoom.us/j/91858657469?pwd=OEUzdGxXbTVKSzF5dE9hMG5NUmF1UT09 dan juga disiarkan langsung di channel Youtube official Jurusan PBI UIN Suska Riau https://www.youtube.com/watch?v=LBGGvbhs95g.

Pelaksanaan PBAK ini tentunya diharapkan menjadi suatu motivasi bagi mahasiswa baru Prodi PBI UIN Suska Riau untuk semangat belajar kedepannya. (mti)

About muhammad taufik ihsan

Check Also

Pelaksanaan Seleksi Wawancara dan Verifikasi Uang Kuliah Tunggal (UKT) Mahasiswa Baru FTK UIN SUSKA RIAU

CamScanner-25-04-2024-08.16Download