Breaking News

Mahasiswa PBI Mengikuti FORDETAK PTKIN 2023, Sukses Bawa Medali

Pada tanggal 9 -12 Mei 2023, di hotel Niagara, Parapat Danau Toba, Sumatra Utara dilaksanakan kegiatan 2nd Annual Internasional Conference on Islamic Education for Students (AICOIES) 2023 yang bersempena dengan agenda Forum Dekan Tarbiyah (FORDETAK) 2023 antar PTKIN se-Indonesia.

Di kegiatan tersebut UIN sultan Syarif Kasim Riau mengutus 2 orang mahasiswa. Selain itu Kegiatan ini juga dihadiri oleh seluruh dekan dan wakil dekan Fakultas Tarbiyah dan Keguruan di PTKIN se-Indonesia serta mahasiswa yang menjadi kontingen utusan dari PTKIN se-Indonesia.

Dari kegiatan ini UIN Suska Riau meraih 2 medali yaitu medali emas dan perak. Medali emas didapatkan sebagai juara 1st Best Presenter (presentasi karya tulis ilmiah) antar PTKIN se-Indonesia yang di raih oleh M.Ghufron Ghiffari dari jurusan Pendidikan Bahasa Inggris dengan judul karya tulis ilmiah “Realization of Religious Moderator Through Digital Literacy with English Skills”. Perlombaan ini diikuti oleh 90 peserta, yang mana sistem perlombaan dilakukan secara parallel dengan 32 peserta luring dan 58 peserta daring, dan setiap peserta yang mengikuti perlombaan harus melalui tahapan penulisan artikel dan presentasi .

Ghufron mengatakan pada salah satu sesi wawancara yang dilakukan anggota website PBI, Ada beberapa hal yang dilakukan untuk bisa mendapat juara 1 dalam perlombaan presentasi karya tulis ilmiah ini yaitu dengan membuat salindia yang tepat sasaran (straight to the point), kemudian dengan bahasa Inggris yang lancar menjadi nilai plus penilaian. Selain itu, percaya diri dalam wicara publik, penyampaian dengan bahasa tubuh, serta berinteraksi dengan audience saat presentasi. Ini lah yang membuat juri mempertimbangkan Ghuffron sebagai peraih juara pertama pada perlombaan ini.

Dari kegiatan ini diharapkan menjadi inspirasi bagi mahasiswa UIN Sultan Syarif Kasim Riau, khususnya prodi PBI untuk berdaya saing dengan menorehkan prestasi dan lebih mengharumkan prodi, fakultas, dan universitas dengan mengembangkan potensinya terlebih di bidang prestasi, kepenulisan karya tulis ilmiah, dan wicara public. Semoga motivasi dan fasilitas secara masif selalu disokong guna mendukung prestasi mahasiswa.

 

 

K.D.

About pbi tarbiyah

Check Also

Pelaksanaan Seleksi Wawancara dan Verifikasi Uang Kuliah Tunggal (UKT) Mahasiswa Baru FTK UIN SUSKA RIAU

CamScanner-25-04-2024-08.16Download