Breaking News

Mahasiswa FTK Ikuti PPL dan KKN Sekaligus Ke Luar Negeri

Mahasiswa Fakultas Tarbiyah dan Keguruan (FTK) ikuti Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) dan Kuliah Kerja Nyata (KKN) sekaligus di Thailand. Adapun Mahasiswa yang terpilih yakni dari Jurusan Pendidikan Bahasa Inggris (PBI) sebanyak 8, dan Jurusan Pendidikan Bahasa Arab (PBA) sebanyak 2.

Ketua Jurusan Pendidikan Bahasa Inggris (PBI) Faurina Anastasia mengatakan, tujuan dari kegiatan ini sebagai realisasi dari praktik mengajar yang akan diterapkan oleh mahasiswa PBI di sekolah yang ada di Thailand Selatan.

Ia menjelaskan, proses pelaksanaan pada kegiatan ini mahasiswa di seleksi terlebih dahulu oleh pihak Fakultas. Lalu di seleksi oleh panitia pusat.

“Tahap awal di seleksi oleh pihak FTK, kemudian di seleksi oleh panitia pusat secara online, wawancara dan praktek mengajar,” katanya saat diwawancara pada Senin (24/7/2023).

Salah satu mahasiswa Pendidikan Bahasa Inggris Yuli Dwi Jayanti Angkatan 20 mengungkapkan kendala nya terkait pendaftaran, yakni informasi tentang kegiatan yang yang belum diketahui banyak orang.

“Kalau kendala yang berarti tidak ada, hanya saja kami harus banyak mencari informasi tentang program ini,” katanya saat di wawancarai via Whatsapp pada Selasa (25/7/2023).

Ia mengungkapkan merasa sangat bersyukur dapat mengikuti program tersebut. Karena menambah pengalaman dan pengetahuan.

Senada, mahasiwa jurusan Pendidikan Bahasa Arab (PBA) Aulia Rivera mengatakan sangat bersyukur dan senang, dapat mengikuti PPL keluar negeri.

Menurutnya, untuk kesulitan dalam seleksi wawancara ada sedikit perbedaan cara orang Thailand dalam berbahasa Inggris. Sehingga sulit di pahamai ketika di wawancarai melalui Google Meet.

“Harus diulang dua sampai tiga kali baru paham kita, tapi itu bukan kesulitan yang fatal,” jelasnya.

Aulia berharap, semoga saya dan teman-teman yang lulus ke Thailand ini bisa menginspirasi dan memotivasi adik-adik UIN Suska Riau untuk mengikuti program internasional ini.

About pbi tarbiyah

Check Also

Pelaksanaan Seleksi Wawancara dan Verifikasi Uang Kuliah Tunggal (UKT) Mahasiswa Baru FTK UIN SUSKA RIAU

CamScanner-25-04-2024-08.16Download