Breaking News

Daily Archives: October 15, 2024

HMPS PBI Gelar “WEBINAR NASIONAL Kewirausahaan “

WEBINAR Nasional merupakan salah satu program kerja dari Bidang Kewirausahaan  HMPS PBI UIN SUSKA dengan tema SMART STRATEGIES FOR STUDENT INCOME: Balancing Work and Study”. WEBINAR Nasional dilaksanakan pada hari Sabtu, 12 Oktober 2024 pukul 08.30 s.d selesai secara daring via platform Zoom Meeting. Kegiatan ini dilaksanakan demi menjelajahi berbagai tantangan dan strategi cerdas dalam menyeimbangkan pekerjaan dan study, serta mendegarkan kisah inspiratif mahasiswa yang berhasil meraih kesuksesan finansial tanpa meninggalkan prestasi akademik.

Kegiatan WEBINAR Nasional ini mendatangkan Narasumber dari berbagai universitas lainnya yaitu Nuskhan Abid,M.Pd.: Dosen Program Studi Aqidah dan Filsafat Islam IAIN Kudus, Robi Kurniawan,S.PD.,M.A.: Dosen Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris UIN SUSKA, Feny Martina,M.Pd.: Dosen Tadris Bahasa Inggris UIN Fas Bengkulu. Kegiatan ini dihadiri oleh Dr.Faurina Anastasia,M.Hum.: Selaku Ketua Prodi PBI, Anggota HMPS PBI dan Mahasiswa dari berbagai universitas lainnya.

Acara dibuka oleh Dr.Faurina Anastasia,M.Hum.: Ketua Prodi PBI dan dilanjutkan dengan pemaparan materi yang pertama oleh Nuskhan Abid,M.Pd., beliau menyampaikan “Untuk memulai freelance kita harus menemukan alasan kita bekerja, tentukan prioritas kita, kenali resiko jika kita memilih kuliah sambil bekerja, dan pilih freelance sesuai keahlian kita”, jika kita ingin memulai sesuatu maka kita harus mempersiapkannya dengan matang hingga mencapai goal yang akan kita tuju. Pemaparan materi kedua oleh Robi Kurniawan,S.PD.,M.A., beliau menyampaikan “ Strategi produktivitas : menjadwalkan apa yang menjadi prioritas, management waktu yang baik, kurangi distraction dari sosmed dll, mulai membangun habit/kebiasaan baik”, sebagai pelajar kita harus mulai membangun kebiasaan baik terhadap diri kita, karena sekarang bukanlah waktynya untuk bermain-main apalagi menghabiskan waktu dengan bermain sosmed. Pemateri terakhir disampaikan oleh, Feny Martina,M.Pd., beliau menyampaikan Kewirausahaan dalam pendidikan : Pandai membaca peluang, kenali trend dan teknologi yang ada seperti platform E-learning”. Kewirausahaan dalam pendidikan melibatkan: membaca peluang: identifikasi kebutuhan pasar, mengetahui tren: pahami perubahan dalam pendidikan, inovasi: ciptakan solusi baru, teknologi: gunakan platform e-learning untuk meningkatkan pembelajaran, fokus utamanya adalah inovasi dan peningkatan kualitas pendidikan.

WEBINAR Nasional dilakukan dalam bentuk Talk Show  yang diselingi dengan pertanyaan antara pemateri dan audiens. Kegiatan ini dihadiri oleh Mahasiswa PBI UIN SUSKA dan Mahasiswa Umum yang mendaftarkan dirinya sesuai syarat dan ketentuan berlaku.

Tujuan diadakannya WEBINAR Nasional ini Membangun keterampilan memberikan panduan dan tips untuk mengembangkan keterampilan yang dibutuhkan dalam mencari pekerjaan atau menjalankan bisnis, seperti manajemen waktu, komunikasi, dan pemasaran, serta memberikan wadah bagi mahasiswa untuk bertanya dan mendapatkan jawaban tentang strategi penghasilan dan balancing work-study.

Semoga webinar ini dapat memberikan manfaat yang luar biasa bagi para peserta, khususnya mahasiswa, dalam memahami strategi cerdas untuk menghasilkan pendapatan sambil tetap fokus pada studi mereka.

 

N.J

Program Studi PBI Laksanakan Sosialisasi Visi, Misi, Roadmap Penelitian dan Pengabdian Masyarakat

Dalam rangka mengawali tahun ajaran baru, Rabu (4/9/2024), Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris FTK UIN SUSKA Riau menyelenggarakan Sosialisasi Visi, Misi, Roadmap Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Prodi PBI. Kegiatan yang dilaksanakan di lantai 3 Aula FTK ini dihadiri oleh dosen PBI. Pada kesempatan ini, Prodi PBI menghadirkan tiga narasumber internal yaitu Abdul Hadi, S.Pd., M.Pd., P.hD, Dr. Bukhori, M.Pd, dan Dedy Wahyudi, M.Pd.

Dalam kata sambutan yang disampaikan oleh ketua prodi PBI, Dr. Faurina Anastasia, M.Hum menyampaikan urgensi dari kegiatan ini yaitu untuk melakukan refreshment terhadap visi misi Prodi yang berdampak pada proses pembelajaran di kelas. Selanjutnya, pemateri pertama menyampaikan “perlunya pemahaman tentang penyelarasan antara visi misi program studi, fakultas, dan universitas yang muaranya adalah implementasi pada proses pembelajaran yang dilakukan oleh dosen sesuai dengan rumpun keilmuannya”, Abdul Hadi. Sementara itu, pemateri kedua dan ketiga mengkaitkan visi dan misi Prodi terhadap kegiatan penelitian dan pengabdian masyarakat.

Dengan dilaksanakannya kegiatan ini, para dosen diharapkan lebih terarah dan maksimal dalam menjalankan tugas pokok dan fungsi dalam pengajaran, penelitian dan pengadian masyarakat yang selaras dengan visi dan misi program studi Pendidikan Bahasa Inggris. KBY

Prodi PBI Gelar Workshop Penulisan Artikel Jurnal Bidang Keilmuan

Pada Kamis (5/9/2024), Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris (PBI) FTK UIN SUSKA Riau kembali menggelar workshop penulisan artikel jurnal bidang keilmuan. Kegiatan yang dilaksanakan di lantai 3 Aula FTK ini diperuntukkan bagi para dosen PBI untuk meningkatkan produktivitas dosen dalam menulis artikel. Pada kesempatan ini, Prodi PBI mengundang dua narasumber yaitu Dr. Sri Yuliani, S.Pd., M.Pd yang merupakan dosen Pendidikan Bahasa Inggris FKIP UIR dan Abdul Hadi, S.Pd., M.Pd., P.hD, dosen Prodi PBI FTK UIN SUSKA Riau. Kedua pemateri ini berbagi pengalaman mereka dalam menulis artikel di jurnal terindex Scopus.

Mengawali acara ini, ketua Prodi PBI, Dr. Faurina Anastasia, M.Hum menjelaskan latar belakang diselenggarakannya workshop ini yaitu untuk membantu memaksimalkan persiapan para dosen untuk kenaikan pangkat dan administrasi dosen lainnya. Selanjutnya, pemateri pertama, Dr. Sri Yuliani, S.Pd., M.Pd memaparkan beberapa kiat dalam penulisan artikel, mulai dari pemilihan judul, metode penelitian, dan sitasi. “Pada prinsipnya, kita tidak boleh berputus asa ketika mengalami berbagai rintangan dalam menulis artikel, terutama di jurnal terindex Scopus”, papar beliau. Sementara itu, Abdul Hadi, S.Pd., M.Pd., P.hD menekankan bahwasanya arikel tidak sebatas penelitian, akan tetapi kebermanfaatannya bagi masyarakat menjadi sangat penting.

Mengakhiri kegiatan ini, sekretaris Prodi PBI, Dr. Nur Aisyah Zulkifli, M.Pd berharap agar kegiatan ini mampu menfasilitasi para dosen menghasilkan karya ilmiah yang bisa dipergunakan untuk memenuhi salah satu tugas pokok dan fungsinya, yaitu penelitian. KBY