Breaking News

Daily Archives: June 16, 2024

IND-US Knowledge and Culture Exchange Program

Telah dilaksanakannya kegiatan Ind-Us Knowledge and Culture Exchange Program dengan tema Explore “Bumi Lancang Kuning” Building Connection With American Students”. Kegiatan ini dilaksanakan pada hari Sabtu, 15 Juni 2024 di Aula FTK dan Buper. Kegiatan ini dihadiri oleh Dr. Faurina Anastasya.,SS.M. Hum selaku Kepala Jurusan PBI, serta para dosen dan mahasiswa/i dari Amerika Serikat, serta para peserta lainnya.

Kegiatan ini diawali dengan penyambutan mahasiswa US dan memberikan souvenir berupa tanjak dan selempang yang menunjukkan budaya melayu, dilanjutkan dengan kata sambutan oleh Bianca Aalya Fhrasty selaku ketua pelaksana, kemudian Feri Dwi Andianto selaku Ketua Umum HMPS, dilanjutkan oleh Dr. Faurina Anastasya., SS. M. Hum selaku Kepala Jurusan PBI dan diakhiri dengan kata sambutan oleh Peter perwakilan dari mahasiswa US.

Acara dilanjutkan dengan presentasi pengenalan budaya dari mahasiswa PBI dan US. Kemudian bernyanyi bersama dari perwakilan mahasiswa PBI dan mahasiswa US yang memeriahkan kegiatan ini serta photo session yang menandakan kegiatan formal telah selesai.

Selanjutnya, kegiatan dilaksanakan di Buper UIN SUSKA Riau. Kegiatan dilanjutkan dengan sharring section oleh mahasiswa US dengan peserta kegiatan, dilanjutkan dengan perlombaan-perlombaan lainnya seperti makan kerupuk, estafet kelereng, lompat karung, dan memasukkan paku dalam botol. Kegiatan ini diakhiri dengan pengumuman lomba dan colour party. Kegiatan berjalan sangat lancar dan meriah.

Diharapkan setelah terlaksananya kegiatan ini dapat menjalin hubungan baik dengan native speaker dan menginspirasi kita dalam meningkatkan bahasa inggris kita.

N.J

Webinar Guest Lecturer dengan tema “Critical Literacy Approach: Theory and Practice in 5.0 Era“.

Jurusan Pendidikan Bahasa Inggris (PBI) Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau menyelenggarakan  Webinar Guest Lecturer dengan tema “Critical Literacy Approach: Theory and Practice in 5.0 Era“. Webinar ini dilaksanakan  melalui aplikasi Zoom meeting pada hari Selasa, 27 Mei 2024 pukul 08.30 sampai 10.10 WIB.

Acara ini mengundang Dedi Efrizal,M.Pd selaku Dosen PBI UIN Fatmawati Soekarno Bengkulu dan dibersamai oleh Dr.Faurina Anastasia,S.S.,M.Hum sealaku  Ketua Umum Jurusan PBI. Acara ini merupakan kolaborasi PBI UIN SUSKA dan TBI UIN FAS Bengkulu. Kegiatan ini diperuntukan bagi mahasiswa/i prodi Pendidikan Bahasa Inggris Semester 2 yaitu  2A, 2B dan 2C dengan tujuan untuk memahami dan menganalisis teks dengan bijak, sesuai dengan fakta yang sebenarnya terjadi. Dalam proses ini pembaca harus berpikir kritis dan bijaksana dalam mengevaluasi informasi yang diterima.

Selanjutnya sesi materi yang disampaikan oleh Dedi Efrizal,M.Pd selaku Dosen PBI UIN Fatmawati Soekarno Bengkulu beliau menyampaikan materi Critical Literacy yaitu untuk meningkatkan kemampuan membaca, menganalisis, berpikir secara kritis dan membantu mahasiswa/i memilih informasi yang tepat, sehingga mereka dapat membuat keputusan dengan baik.

Semoga webinar kali ini dapat kita pahami sehingga memberikan inspirasi kepada kita bersama untuk meningkatkan dan mengembangkan pegetahuan kita bersama.

N.J

Tips Meraih Skor Tinggi Dalam Ujian TOEFL”Jurusan PBI Adakan Webinar National”

Ahad, 8 Juni 2024 Jurusan Pendidikan Bahasa Inggris (PBI) Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau menyelenggarakan  Webinar National dengan tema “TOEFL Preparation Tips For TOEFL Warriors: Get Ready To Achieve the Highest Score“. Acara dilaksanakan melalui aplikasi Zoom meeting. Webinar dihadiri oleh Prof.Riswanto,Ph.D selaku Dosen Tadris Bahasa Inggris UINFAS Bengkulu, Asst.Prof.Dr.Budi Waluyo,FHEA selaku Dosen Walalailak University Thailand dan Dr.Faurina Anastasya,M.Hum selaku Ketua Umum Jurusan PBI.

Acara dibuka oleh Dr.Faurina Anastasya,M.Hum selaku Ketua Umum Jurusan PBI, Pentingnya mengikuti diskusi ini untuk menambah ilmu pengetahuan khususnya untuk mendapatkan nilai yang tinggi pada ujian TOEFL.

TOEFL (Test of English as a Foreign Language) merupakan salah satu tes sebagai alat ukur kompetensi bahasa Inggris yang diterbitkan oleh ETS (Educational Testing Service). TOEFL digunakan sebagai syarat akademis sebelum berlanjut kepada sidang skripsi sekaligus untuk melamar sebuah pekerjaan. 

Kegiatan ini diperuntukan bagi mahasiswa prodi Pendidikan Bahasa Inggris Semester 6 yaitu  6B 6C dan 6D dengan tujuan untuk meningkatkan skor TOEFL dan membantu peserta mempersiapkan diri dengan baik untuk menghadapi ujian TOEFL dengan hasil yang lebih baik.

Selanjutnya pada sesi materi yang disampaikan oleh narasumber yakni untuk meningkatkan kemampuan berbahasa Inggris mahasiswa, mempersiapkan diri untuk menghadapi tes TOEFL, serta memberikan wawasan tentang struktur tes, jenis-jenis pertanyaan, teknik-teknik strategis dan metode persiapan yang efektif. Selain itu, webinar ini juga bertujuan untuk membantu mahasiswa memperoleh pengetahuan tentang TOEFL, meningkatkan motivasi untuk mendapatkan skor TOEFL yang tinggi dan membuka peluang yang lebih luas dalam pendidikan dan karir mereka.

Semoga kita dapat menerapkan tips dan strategi yang dipelajari di webinar ini untuk meningkatkan skor TOEFL kita.

N.J

Menjelajahi Dunia Melalui Storytelling TEYL

Jurusan Pendidikan Bahasa Inggris (PBI) Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau menyelenggarakan  Webinar Guest Lecturer dengan tema “ Exploring the World through Storytelling TEYL “. Webinar ini dilaksanakan  melalui aplikasi Zoom meeting pada hari Kamis, 23 Mei 2024 pukul  08.30 sampai 10.10 WIB.

Acara ini mengundang Narasumber  dari IAIN Kudus Taranindya Zulhi Amalia,M.Pd. Cut Raudhatul Miski,M.Pd selaku pembuka acara menyambut baik kegiatan ini. Pentingnya mengikuti diskusi ini untuk menambah ilmu pengetahuan khususnya pada bidang  (TEYL) Teaching English for Young Learnes.

Kegiatan ini diperuntukan bagi mahasiswa prodi Pendidikan Bahasa Inggris Semester 6 yaitu  6A dan 6C dengan tujuan untuk mengembangkan kemampuan berbahasa inggris secara bersama-sama dengan kegiatan yang sangat bervariasi, meyenangkan dan kreatif. Dengan cara membuat bahan pembelajaran yang kreatif untuk meningkatkan rasa belajar anak.

Selanjutnya pada sesi materi yang disampaikan oleh narasumber  Taranindya Zulhi Amalia,M.Pd selaku dosen PBI IAIN Kudus beliau berbagi pengetahuan mengenai tata cara kita dalam menghadapi proses pembelajaran EYL sehingga kita mampu untuk memberikan kesan yang baik dalam metode pengajaran kita terkhusnya terhadap ank TK. Selanjutnya diskusi dilanjutkan dengan sesi tanya jawab antara pemateri dan peserta.

Semoga webinar kali ini dapat memberikan inspirasi kepada kita bersama untuk meningkatkan dan mengembangkan metode pembelajaran yang lebih menarik.

N.J